Mengobati Penyakit dengan Kencur

Berikut ini beberapa ramuan kencur yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit :

1. Batuk
Ambil 2 rimpang kencur, cuci, parut, dan campur dengan 1 cangkir air hangat. Saring campuran tersebut, ambil airnya, dan tambahkan sedikit garam, lalu minum.
Ambil 1 rimpang kencur, kupas bersih, dan kunyah. Isap airnya dan buang ampasnya. Lakukan rutin setiap pagi.

2. Masuk Angin
Ambil 1 rimpang kencur, cuci bersih, lalu kunyah bersama garam secukupnya. Sesudah halus, telan kencur tersebut dan lanjutkan dengan minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

3. Mulas
Siapkan 1 rimpang kencur, lalu cuci dan parut. Tambahkan 2 sdm air masak dan sedikit garam. Saring airnya dan minum. Lakukan 2-3 kali sehari.

4. Lelah
Sediakan 1 rimpang kencur, 2 sdm beras yang telah disangrai dan 1 biji cabai merah. Semua bahan direbus bersama dengan 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas. Saring airnya dan minum. Ulangi setiap hari sampai rasa lelahnya hilang.

5. Keseleo
Campurkan 1 rimpang kencur dan 1 genggam beras yang sudah direndam air. Haluskan kedua bahan tersebut dan diberi air secukupnya sampai seperti krim. Oleskan armuan ini pada bagian yang keseleo.

6. Diare
Sediakan 2 rimpang kencur dan 2 biji bawang merah lalu tumbuk hingga halus. Bungkuslah hasil tumbukan dengan daun pisang, slanjutnya bakar beberapa saat. Selanjutnya balurkan ramuan ini ke bagian perut.