Tips Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok memang sangat menyebalkan, apa lagi bagi kaum wanita. Beberapa helai rambut tertinggal di sisir saat menyisir rambut, kemudian di tangan ketika keramas, dan di waktu pagi melihat beberapa helai rambut tertinggal di bantal.

Ada beberapa faktor penyebab kerontokan rambut diantaranya :

1. Anemia.
Penderita Anemia biasanya akibat kurangnya zat besi sehingga menurunkan kadar sel darah merah dalam darah. Kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan folikel rambut.
Cara mengatasinya : mengonsumsi suplemen zat besi yang dibarengi dengan vitamin C sebagai pendukung, agar penyerapan zat besi bisa maksimal.
2. Dalam Perawatan medis.
Orang yang sedang dalam perawatan medis mengalami kerontokan dikarenakan efek samping mengonsumsi obat antidepresan, diuretik, atau pil Rx.
Cara mengatasinya : mengatur dosis obat yang kita konsumsi. Atau mencoba untuk mencari obat alternatif. Namun, lakukanlah konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat alternatif.

3. Hypo atau Hyperthyroid.
Keadaan hormon yang tidak seimbang akan meningkatkan kadar zat kimia alami tubuh, yaitu DHT yang akan “menyerang” folikel rambut kita.
Cara mengatasinya : Konsultasikan ke dokter. Dan gunakan resep obat yang mampu membantu mengembalikan kondisi hormon thyroid kita ke level normal atau sehat.

4. Diet rendah lemak.
Program pelangsingan tubuh yang terlalu ketat akan membuat rambut kita mengalami kerontokan. Tidak hanya itu, diet yang tidak sehat juga akan mengakibatkan kelelahan, dehidrasi, dan kram.
Cara mengatasinya : diet sehat. Yaitu mengisi dengan asupan protein yang cukup setiap hari. Karena protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membuat rambut kita tetap sehat dan utuh.

5. Stres
Tingkat stres yang tinggi akan membuat folikel rambut menjadi tidak aktif atau terserang oleh sel darah putih, dan hasilnya seminggu kemudian rambut kita akan mengalami kerontokan.
Cara mengatasinya : melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, terapi, dan lain-lain. Dan, sebisa mungkin hindari stres yang berlebihan dan nantinya biarkan rambut rontok kita akan tumbuh kembali lagi.

Semoga bermanfaat