facts about menstruation

Kata menstruasi berasal dari bahasa latin "menses" yang berarti bulanan. Kitapun memiliki istilah "datang bulan" karena umurnya terjadi sekitar sebulan sekali.

Perempuan mengalami 400 kali menstruasi dalam hidupnya dari mulai masa pubertas. ketika masih berada di dalam kandungan ibu, kita memiliki sel telur sebanyak 7 juta sel telur yang lalu berkurang ketika lahir menjadi 2 juta sel telur, dan semakin menurun ketika mulai pubertas menjadi sekitar 300 ribu sampai 500 ribu sel telur. Dari sekian banyak, hanya 400 sampai 500 sel telur yang menjadi matang.

Terdapat mitos bahwa meminum soda dapat memperlancar atau mempercepat haid. Hal ini belum pernah diteliti secara ilmiah kebenarannya. Yang pasti, kelancaran menstruasi pada umumnya dipengaruhi oleh kondisi hormonal, fisik serta piskis kita. Sebaliknya, konsumsi meumum bersoda justru sebaiknya dikurangi ketika menjelang atau saat menstruasi karena dapat meningkatkan keluhan PMS.

Beberapa tahun setelah kita mengalami menstruasi pertama ketika pubertas, siklus menstruasi akan menjadi lebih teratur. Penting untuk selalu mencatat dan menghitung siklus menstruasimu, agar bila ada perubahan atau kejanggalan pada siklus dapat segera diketahui. Bila pola siklusmu yang biasanya teratur tiba-tiba menjadi tidak beraturan selama beberapa bulan, berkonsultasilah ke dokter atau spesialis ginkeolog untuk mengetahui penyebab dan penanganannya.