Generic Medicines

Obat generik murah? ya, obat generik memang murah di bandingkan dengan obat paten. Dengan harga murah tapi mutu tidak kalah, obat generik adalah hak pasien, obat murah berkualitas.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul tentang obat generik :

1. Apakah obat generik mempunyai khasiat yang sama dengan obat paten?
Ya, obat generik mempunyai khasiat yang sama dengan obat paten. Baik obat generik maupun obat paten mempunyai kandungan yang sama, dan keduanya mempunyai khasiat yang sama.

2. Mengapa harga obat generik lebih murah?
a. Tidak terkena pajak
b. Tidak menganggung biaya promosi
c. Tidak menanggung biaya distribusi (ditanggung oleh pemerintah)
d. Disubsidi, bahkan ada beberapa yang “dijual rugi”

Obat generik ada yang dijual tanpa merek sebagai Obat Generik Berlogo (OGB) ataupun obat generik bermerk. Tidak ada perbedaan antara obat generik berlogo dengan obat generik bermerk. Perbedaannya hanya ada pada kemasan dan harga. OGB umumnya diberi logo lingkaran hijau bergaris-garis putih dengan tulisan "Generik" di tengah lingkaran.

3. Bila Obat generik memang bagus, mengapa dokter lebih sering meresepkan obat paten?
Ada beberapa sebab :

  • Tidak semua obat sudah keluar versi generiknya : Pemerintah akan memberi kesempatan pada perusahaan farmasi untuk meraup untung demi menutup biaya riset mereka. Maka itu obat-obat baru kadang belum ada versi generiknya
  • Obat Generik adalah obat bersubsidi, maka dari itu penggunaan subsidi ini harus disalurkan pada orang yang tepat pula.
  • Efek placebo : Kadang pasien yang diberi obat generik tidak merasa puas karena pasien merasa “lebih mahal lebih baik”, atau “Ada rupa ada harga”. Maka itu kadang dokter lebih suka meresepkan obat paten


Kesimpulannya :Anda sebagai pasien mempunyai hak memilih natara generik dan paten. beritahukan pada dokter yang menjadi pilihan anda.