Manfaat Bawang Putih


Khasiat bawang putih memang telah dikenal sejak jaman dahulu. Selain berfungsi sebagai bumbu masakan , bawang putih juga baik untuk mengatasi kedinginan, batuk, flu, astma, tekanan darah tinggi, selulit, gangguan peredaran darah, bengkak akibat cairan dan infeksi kandung kemih.
Bawang putih mengandung komponen sulfur dan iodin yang bersifat desinfektan dalam darah sehingga peredaran darah menjadi lancar. Bawang putih juga mampu berfungsi sebagai ekspetoran atau pengencer dahak.
Mengkonsumsi bawang putih secara teratur akan memperkuat sistem pertahanan dan kekebalan tubuh.
Bawang putih "tunggal" , bagi kaisar China dulu sudah tidak asing lagi. Kaisar selalu menyimpannya, karena dibutuhkan setiap saat. Yaitu dipakai untuk ramuan jamu yang menguatkan daya tahan seksualnya. Sehingga dengan memakai ramuan dari bawang putih tersebut, kaisar China mampu menggauli selir-selirnya setiap malam.
Caranya :
- Ambillah bawang putih tunggal secukupnya. Kemudian diparut untuk minuman sebagaimana layaknya membuat kopi.
- Sediakan air panas dan masukan parutan bawang putih tersebut dan campurkan dengan gula/madu untuk menghilangkan rasa baunya.
- Lakukan dalam seminggu dua kali.
Khasiat Bawang Putih
Bawang putih biasanya banyak digunakan sebagai bumbu. Namun, sebagian orang percaya bahwa bawang putih (allium sativum) juga dapat menjaga stamina tubuh dan mengobati berbagai penyakit.
Bahkan, orang Cina yang menyebutnya sebagai suan dan orang Jepang kuno menamakannya hiu atau ninniku (sebutan orang Jepang moderen), telah menggunakannya sejak ratusan tahun lalu untuk memelihara setamina tubuh. Dan, pada jaman Mesir kuno, para pekerja yang membangun piramida telah mengkonsumsi bawang putih sebagai program dietnya.
Menurut Dr Ir Ingrid S Waspodo MSc, bawang putih memang berkhasiat untuk memelihara kesehatan tubuh. Karena, mengandung salah satu zat bernama alisin. Alisin tergolong zat yang memiliki kekuatan antibiotik untuk melawan baksil dan kuman-kuman penyebab penyakit seperti difteri, tuberkolosis, tifus, disentri, dan gonore. Dibanding penisilin, satu miligram alisin mempunyai kemampuan sebanding dengan 15 unit standar penisilin. Selain itu, bawang putih juga dipercaya dapat menguatkan stamina, karena memiliki kandungan B1.
source: healthonblog. blogspot. com